Tips & Tutorial

Cara Mencegah Perangkat Apple Anda Hilang Dicuri ?

Berikut Cara Mencegah Perangkat Apple Anda Hilang Dicuri ?

 

Jika Anda adalah penggemar perangkat Apple, ada baiknya untuk mengetahui bahwa ada beberapa aplikasi berguna yang dapat Anda gunakan untuk mencegah beberapa situasi yang tidak menyenangkan. Apabila mengingat kemungkinan untuk kehilangan perangkat atau kemungkinan terjadinya pencurian.

Memang hal ini bukan merupakan pemikiran yang menyenangkan,tapi lebih baik mencegah bukan?

Hanya dengan beberapa upaya kecil saja, Anda dapat merasa aman. Saya mempunyai pengalaman pribadi mengenai hal ini, kehilangan sebuah ponsel yang berisi data-data yang sangat berharga.

Saya merasa seperti separuh dari diri saya hilang dan merasa sangat paranoid apabila memikirkan bahwa seseorang memiliki akses ke dalam semua gambar saya, kontak telepon, percakapan, catatan, dan masih banyak lagi.

Lalu dengan segera saya mencari di internet apa yang dapat saya lakukan untuk menemukannya kembali.

Sampai akhirnya saya tersadar bahwa sudah terlalu terlambat untuk menggunakan aplikasi dan mencarinya.

Saya baru menyadari bahwa untuk mengantisipasi hal tersebut, saya harus menginstall sebuah aplikasi (sebelum hilang) sehingga saya bisa melacak iPhone saya.

Sungguh menyesal rasanya tidak melakukan hal ini sebelumnya. Jadi setelah mencari iPhone baru (di sini saya menemukan pilihan terbaik sambil menunggu iPhone 6 ) , hal pertama yang saya lakukan ketika handphone baru saya datang adalah mengunduh aplikasi tersebut demi keamanan di masa depan. Hal tersebut hanya membutuhkan beberapa menit saja dan sangat mudah untuk mengaktifkannya.

Sekarang saya lebih merasa aman dan nyaman ketika saya harus bepergian dengan gadget yang saya miliki. Aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk iPhone saja namun juga untuk perangkat Apple lainnya seperti: iPad , iPod, juga Mac .

Berikut adalah aplikasi-aplikasi yang dapat Anda unduh:

Find My iPhone

Find My iPhone atau cari iPhone saya  adalah aplikasi yang dapat yang menunjukkan lokasi setempat akan perangkat Anda yang hilang.

Aplikasi ini tersedia di App Store dan berlaku untuk semua perangkat Apple yang beroperasi dengan versi minimal iOS 5 atau yang lebih baru.

Untuk menggunakan ini pertama-tama Anda memerlukan akun iCloud dan tentu saja yang sangat penting adalah koneksi internet yang baik . Hal ini sangat mudah sekali untuk didownload .

Anda hanya perlu pergi di App Store dan ketik di search bar ‘ Find my iPhone ‘ . Setelah mendapatkan daftar dengan hasil yang Anda inginkan di tab ‘ Free ‘ (Gratis) untuk mendownload tanpa biaya apapun .

Dengan hanya satu klik di tombol download Anda akan mendapatkan aplikasi ini dengan segera . Langkah lainnya adalah mengaktifkannya. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Anda memerlukan akun iCloud. Jika Anda tidak memilikinya, sekarang merupakan saat yang tepat untuk membuatnya . Anda hanya perlu untuk mengubah pilihan di Settings dan pilih opsi iCloud .

Jika Anda sudah memilikinya, Anda hanya perlu memasukkan ID Apple Anda di pop – up , jika belum, anda harus memilih ‘Dapatkan Apple ID gratis’ . Setelah mengikuti petunjuk yang diberikan , Anda akhirnya memiliki akun iCloud . Setelah masuk , pergi ke ‘Find my iPhone’ dan mengubahnya ke pengaturan ON. Anda akan mendapatkan pop – up yang menanyakan apakah Anda ingin lakukan selanjutnya lalu tekan tombol Allow dan Anda telah berhasil mengaktifkan app. Memang hal seperti ini bukan merupakan hal yang diinginkan untuk terjadi, tetapi apabila kasus tersebut harus terjadi bahwa perangkat Anda hilang atau dicuri, Anda dapat dengan segera mengakses akun iCloud Anda melalui Web dan Anda dapat melihat dimana lokasi perangkat Anda .

Activation Lock

Aktivasi Lock ini merupakan fitur yang sangat baru yang termasuk dalam ‘Cari’ app iPhone namun hanya dapat diunduh oleh perangkat Apple yang sudah didukung oleh iOS 7. Fitur ini dirancang untuk mencegah orang yang tidak berwenang untuk menggunakan perangkat Apple dalam kasus kehilangan atau dicuri . Aktivasi Lock hanya bekerja jika Anda telah mengaktifkan ‘Find my iPhone’ .

Aktivasi Lock meminta ID Apple dan kata sandi sebelum orang lain dapat menghapus data-data dalam perangkat Anda , membuka hal-hal pribadi Anda , dan sebelum mematikan ‘Find my iPhone’ atau mengaktifkan perangkat Anda kembali.

Dengan mengaktifkan fitur ini Anda akan merasa lebih aman bahwa foto-foto, kontak, dan segala informasi yang berharga tidak jatuh ke tangan yang salah. Untuk membuat aplikasi ini bekerja , Anda perlu membiarkan ‘Find my iPhone’ dihidupkan dan yang jauh lebih penting adalah Anda harus dapat mengingat Apple ID dan kata sandi Anda .

Aktifkan “Lost Mode”

Jika Anda menyadari bahwa perangkat Anda hilang, jangan panik!

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengaktifkan “Lost Mode”. Anda harus memasukkan kata sandi empat angka sehingga tidak ada orang yang dapat mengakses informasi pribadi Anda. Dengan mode ini, Anda juga dapat menampilkan nomor telepon kontak dan sebuah pesan yang dapat Anda siapkan khusus yang akan muncul di layar perangkat Anda yang hilang. Orang yang sedang memegang perangkat tersebut dapat menelepon langsung dari ponsel Anda tanpa perlu mengakses informasi lainnya.

Remote Erase

Jika Anda benar-benar khawatir dengan hal-hal yang sangat pribadi yang dimiliki atau akan informasi penting yang tidak ingin dilihat atau digunakan orang lain, Anda dapat menghapus segala data tersebut dari perangkat Anda.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Remote Erase dan tidak perlu khawatir untuk kehilangan selamanya karena Anda selalu dapat mengembalikan semua data Anda dengan menggunakan iCloud.

Semoga tips ini bermanfaat dan Selamat Mencoba!

 

sumber : indonesiana

 

mac instal

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Flash

Copyright © 2014 - 2017 klikmac

To Top