Uncategorized

Rencana Apple Membangun Pusat Riset di Indonesia

Sebagai syarat memasarkan iPhone di Indonesia, Apple diwajibkan pemerintah membangun pusat riset di Tanah Air. Apple pun telah mematuhi syarat tersebut. Lokasi pusat riset pertama di Indonesia yang dipilih Apple bakal bertempat di Green Office Park

Kementerian Perindustrian menyatakan Apple segera menghuni kawasan Green Office Park, Bumi Serpong Damai (BSD) sebagai pusat penelitian dan pengembangan.

Hal ini dikemukakan Tenaga Ahli Menteri Perindustrian, Sanny Iskandar, Kamis (30/3/2017), usai pertemuan dengan perwakilan Apple di ruangan Menperin, lantai 2 Gedung Kemenperin, Jakarta.

Staf Ahli Menteri Perindustrian Sanny Iskandar mengungkapkan rencana pembangunan pusat riset Apple akan dimulai dengan menyewa kantor di Green Office Park 9 yang terletak di BSD. Keputusan menyewa ini karena niat Apple membangun gedungnya sendiri belum terlaksana.

“Lebih tepatnya di Green Office Park 9 BSD City di lantai dasar,” tutur Sanny usai menemui perwakilan Apple Asia Pasifik di kantor Menteri Perindustrian, Jakarta, Kamis (30/3).

“Tujuan Apple ingin mendidik masyarakat lokal. Nanti ada mentor dari sana juga untuk melatih pengembangan software dan aplikasi di pusat inovasi,” Sanny menuturkan.

Selanjutnya, pusat inovasi Apple yang kedua direncanakan masih di Pulau Jawa. Adapun tempat ketiga diusulkan di luar Jawa, yakni di Sumatera.

Namun seperti diungkap di awal, pemilihan Green Park Office 9 sebagai pusat riset Apple hanya bersifat sementara. Pasalnya Apple sedang berencana menempati pusat risetnya sendiri di kawasan Digital Hub yang masih dibangun saat ini.

Seperti diketahui, rencana Apple membangun pusat riset di Indonesia sudah menguap sejak tahun lalu. Rencana tersebut berkaitan dengan komitmen investasi Apple di Indonesia sebesar US$44 juta atau sekitar Rp586 miliar.

Investasi di bidang peranti lunak dan riset ini tak lain dari upaya Apple memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sehingga bisa menjual perangkat besutan mereka di Indonesia.

Sanny memperkirakan akhir kuartal dua tahun ini, pusat riset Apple di Green Office Park sudah mulai beroperasi.

Green Office Park yang terletak di BSD merupakan kawasan yang dibangun oleh pengembang Sinar Mas Land. Sementara itu, anak perusahaan Sinar Mas lainnya yaitu Smartfren, menjadi operator seluler pertama yang membawa masuk iPhone 7 secara resmi ke Indonesia pada esok hari, Jumat (30/3)

source :Cnn Indonesia

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Flash

Copyright © 2014 - 2017 klikmac

To Top